PENERAPAN PRESENTASI POWER POINT DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN GURU MENGAJAR IPS SEHINGGA DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Keywords:
Hasil belajar dan Aktivitas siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pembelajaran Power PointAbstract
Penerapan Presentasi Power Point Dalam Menunjang Keberhasilan Guru Mengajar IPS Sehingga Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SDN Karangsari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keberhasilan guru dalam mengajar IPS pada siswa SDN Karangsari melalui penerapan presentasi power point. Subyek penelitian ini adalah Guru Sekolah Dasar Negeri Karangsari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu satu kali pertemuan dan siklus dua satu kali pertemuan terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I mencapai ketuntasan 45% dan meningkat pada siklus II mencapai ketuntasan 80%. Artinya kinerja Guru benar-benar terjadi peningkatan, begitu juga dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan data diperoleh aktivitas siswa dalam proses penerapan power point dalam setiap siklus mengalami peningkatan ditunjukkkan dengan nilai rata-rata setiap siklus mengalami peningkatan. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan Presentasi Power Point atau keberhasilan guru dalam mengajar dapat meningkatkan kinerja guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa Sekolah Dasar Negeri Karangsari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.