PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUPDI KELAS IV SDN KARANGSARI KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Authors

  • RATNA NIRMALA SDN Karangsari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang

Keywords:

Project Based Learning, IPA, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini menyangkut bagaimana bentuk perencanaan, pelaksaanaan, dan hasil pembelajaran menggunakan metode project  based learning. Metode project  basedlearning sebagai metode pembelajaran IPA yang dapat menarik perhatian siswa sehingga motivasi mereka untuk belajar meningkat yang berdampak pada hasil belajar siswa meningkat pula. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Data yang dikumpulkan merupakan data kualitatif yang dikumpulkan dari lingkungan nyata dengan peneliti sebagai Instrument utama.Langkah-langkah penelitian terdiri atas beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SDN  Karangsari  Tahun Pelajaran 2014-2015 sebanyak 16 siswa. Hasil pengolahan data yang dilakukan peneliti sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus menggunakan materi yang sama dengan perbaikan tertentu setelah melaksanakan refleksi dari kegiatan atau siklus pertama. Setelah melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar, diperoleh simpulkan bahwa penggunaan metode project based learning  dapat meningkatkan hasil prestasi siswa dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2017-10-13

How to Cite

NIRMALA, R. (2017). PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUPDI KELAS IV SDN KARANGSARI KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/94

Issue

Section

Articles