PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUPDI KELAS IV SDN KARANGSARI KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Keywords:
Project Based Learning, IPA, Hasil BelajarAbstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini menyangkut bagaimana bentuk perencanaan, pelaksaanaan, dan hasil pembelajaran menggunakan metode project based learning. Metode project basedlearning sebagai metode pembelajaran IPA yang dapat menarik perhatian siswa sehingga motivasi mereka untuk belajar meningkat yang berdampak pada hasil belajar siswa meningkat pula. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Data yang dikumpulkan merupakan data kualitatif yang dikumpulkan dari lingkungan nyata dengan peneliti sebagai Instrument utama.Langkah-langkah penelitian terdiri atas beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SDN Karangsari Tahun Pelajaran 2014-2015 sebanyak 16 siswa. Hasil pengolahan data yang dilakukan peneliti sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus menggunakan materi yang sama dengan perbaikan tertentu setelah melaksanakan refleksi dari kegiatan atau siklus pertama. Setelah melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar, diperoleh simpulkan bahwa penggunaan metode project based learning dapat meningkatkan hasil prestasi siswa dalam pembelajaran IPA.