UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE SHOW AND TELL PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Keywords:
Hasil belajar dan Aktivitas siswa, pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Pembelajaran Metode Show and Tell.Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas II melalui penerapan metode Show and Tell. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Majasari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang yang terdiri dari 17 siswa. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu satu kali pertemuan dan siklus dua satu kali pertemuan terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada prapenelitian 61,00 kemudian pada siklus satu pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata 64,00 yang mencapai ketuntasan 29% dan meningkat pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 73,00 yang mencapai ketuntasan 88%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Show and Telldapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Majasari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang.