MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI DAN PERAN SUMBER DAYA ALAM DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL MELALUI PENERAPAN MODEL GALLERY WALK DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 SUBANG¬

Authors

  • NUNUNG NURSIFAH SMP Negeri 3 Subang

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, Model Gallery Walk

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode pembelajaran gsllery walk. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kekhawatiran akan kurang optimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Peneliti menemukan permasalahan rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII-B. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya motivasi belajar siswa serta metode belajar yang monoton. Melihat dari adanya permasalahan tersebut, maka dipilihlah sebuah metode pembelajaran yang dirasa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran tersebut adalah gallery walk atau pameran berjalan. Penerapan metode gallery walk ini melibatkan aktifitas siswa, interaksi siswa, kreatifitas, dan pemikiran analitis, sehingga sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 3 Subang kelas VIII-B yang berjumlah 34 siswa.Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, yang mana dalam satu siklus terdiri dari satu kali tindakan dengan dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumen, dan record. Pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan pengambilan keputusan.Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan aspek pengetahuan dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu sebesar 57.1%. Untuk aspek keterampilan peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu sebesar 54.3%. Sementara dari siklus kedua menuju siklus ketiga peningkatan tidak nampak begitu berarti. Pada aspek pengetahuan peningkatan dari siklus kedua menuju siklus ketiga yaitu sebesar 3.6%. untuk aspek keterampilan peningkatan dari siklus kedua menuju siklus ketiga yaitu sebesar 2.7%. Artinya penelitian ini telah mencpai titik jenuh.

Downloads

Published

2017-10-13

How to Cite

NURSIFAH, N. (2017). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI DAN PERAN SUMBER DAYA ALAM DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL MELALUI PENERAPAN MODEL GALLERY WALK DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 SUBANG¬. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/98

Issue

Section

Articles