MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS IV SPF SD NEGERI PANARUBAN

Authors

  • Cahya Cahya SD Negeri Panaruban

Keywords:

hak dan kewajiban, hasil belajar siswa, jigsaw, ppkn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hak dan Kewajiban melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SPF SD Negeri Panaruban semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dalam dua siklus dengan 3 kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 70. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SPF SD Negeri Panaruban sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hak dan Kewajiban dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SPF SD Negeri Panaruban. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil tes siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata tes siklus I mencapai 68,75 dengan ketuntasan 55% dan pada siklus II hasil rata-rata tes meningkat menjadi 84 dengan ketuntasan 90%.

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Cahya, C. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS IV SPF SD NEGERI PANARUBAN. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(2), 271–282. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1462