MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BILANGAN BULAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Authors

  • Cahya Cahya SD Negeri Panaruban Kec. Sagalaherang

Keywords:

hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together  ( NHT )  pada siswa kelas IV  SD Negeri  Panaruban Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Subyek penelitian terdiri dari 27 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan  , pada 2  pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 66,67 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 78,52. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,85 ( 17,77% ). Dengan demikian pembelajaran Matematika  dengan Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together  ( NHT ) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Cahya, C. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BILANGAN BULAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 357–367. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/549