PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI TEH CELUP WALINI SUBANG (Studi Kasus: PT.Perkebunan Nusantara VIII Ciater)

Authors

  • Thiara Anjelia Sukma
  • Agus Dedi Subagja Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wbaj.v4i2.1512

Keywords:

Keywords: Product quality, buying interest

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada saat proses observasi produk Teh Celup Walini yang di produksi oleh PT. Perkebunan Nusantara Ciater. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana pengaruh kualitas produk pada produk Teh Celup Walini Subang yang di produksi oleh PTPN VIII Ciater. (2) Bagaimana pengaruh minat beli terhadap produk Teh Celup Walini Subang yang di produksi oleh PTPN VIII Ciater. (3) Seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk Teh Celup Walini Subang yang di produksi oleh PTPN VIII Ciater. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen pada produk Teh Celup Walini yang di produksi oleh PTPN VIII Ciater. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana.

Kata kunci : Kualitas produk, Minat Beli.

 

Abstract

This research was conducted because it was based on the problems found during the observation process at the product Walini Tea Bags produced by PT. Perkebunan Nusantara VIII. The purpose of this study was to determine: (1) How does it effect on product quality of product Walini Tea Bags Subang produced by PT. Perkebunan Nusantara VIII. (2) How does it effect on buying interest of product Walini Tea Bags Subang produced by PT. Perkebunan Nusantara VIII. (3) How big is the influence of product quality on buying interest of product Walini Tea Bags Subang produced by PT. Perkebunan Nusantara VIII. This research includes descriptive research with a quantitative approach. The population of this research are Walini Tea Bags produced by PT. Perkebunan Nusantara VIII. The technique of determining the sample using the Slovin formula obtained a sample of 100 people. Data were collected by means of a  questionnaire that had been tested for validity and reliability. The data analysis technique used is simple linear regression.

 Keywords: Product quality, buying interest

Author Biography

Agus Dedi Subagja, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

Akdon, Riduwan. (2011). “Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika.” Bandung: Alfabeta. Cetakan Pertama. Jakarta, Penerbit Pustaka Sinar Harapan.

Amstrong, Dan Kotler. (2016:11). “Kualitas Produk Adalah Kemampuan Sebuah Produk Dalam Memperagakan Fungsinya”.

Ari Kunto, S. (2007). ”Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI.” Jakarta: Rineka Afta.

Arikunto. (2010:211). “Uji Validitas Merupakan Keaslian Instrumen”.

Assauri, Softjan. (2015:211). “Kualitas Produk Adalah Persyaratan Tingkat Kemampuan Dari Suatu Merek Atau Produk Tertentu Dalam Melaksanakan Fungsi Yang Diharpakan”.

Citra, Andi Yuni. (2021). “Pengaruh Diferensiasi produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk teh walini pada kantor PTPN XIV “: Makasar.

Fulfillment, Tridge. (2018). “Food and Agroculture Organization Of the United Nation.” Australia: Global surcing.

Gasperz. (2008). “Lima Dimensi Alat Ukur Terhadap Kualitas Produk”.  Gaspersz, Vincent. (2005). “Kualitas Suatu Produk Memiliki Dimensi Pengukuran

Yang Terjadi Dari Lima Aspek”.

Ghozali, Imam. (2012). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.” Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Hetty, Sri Wardani. (2015). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap

Minat Beli Konsumen Muslim Pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang”:

Universitas Islam Negeri Walisongo.

Hidayat, Anwar. (2012). “Statistikian Uji F dan Uji T. Jakarta Indonesia“: Kursus statistika.

Indonesia Investment, (2015) : “Produksi Perkebunan Teh di Indonesia.”

Kaka Mahemba, Umbu Saga Ana. (2019). “Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli ulang konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi.”: Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Kholil, Ferhat. (2019). “Pengaruh Perilaku Konsumen, Kualitas Produk, dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Klamby.” Bandung: Telkom University.

Kotler, dan Keller. (2009;143). “Kualitas Produk Adalah Produk Atau Jasa Yang Telah Memenuhi Atau Melebihi Ekspektasi Pelanggan Sehingga Menimbulkan Minat Beli”. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, dan Keller. (2012). “Manajemen Pemasaran.” Edisi 12. Jakarta: Erlangga. Liana, Dan Durianto. (2004:44). “Minat Beli Merupakan Sesuatu Yang

Berhubungan Dengan Rencana Konsumen Untuk Membeli Produk”.

Lovelock, Christopher H. dan Lauren K. Wright. 2007. “Manajemen Pemasaran Jasa”. Cetakan II. Indeks. Jakarta.

Mahemba, Umbu Saga Ana Kaka. (2019). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (studi pengguna smartphone xiaomi di Y)”.

:Yogyakarta.

Muhammad, (2004). “Etika Ekonomi dan Perlindungan Konsumen Dalam Islam.”

Yogyakarta: BPFE.

Mulyana, Dede Yanyan. (2020). “Pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan di PT. Puriwisata Tangkuban Perahu Kabupaten Subang”: Universitas Subang.

Mulya, Jho. (2015). “Quality dan Productivity.” Proxsis East Surabaya.

Satria, Arief Adi. (2017). “Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36”: Universitas Ciputra Surabaya.

Octavia, Yossella Nur. (2020). “Pengaruh promosi terhadap volume penjualan pada dealer pacific motor subang kota.”: Universitas Subang.

Priansa. (2017). “Minat Beli Dapat Diukur Dengan Empat Dimensi Pokok”.

Poerwanto. (2016:25). “Administrasi Bisnis”: Pustaka Pelajar.

Purwanto. (2006). “New Business Administration.”: Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Satria, Arief Adi. (2017). “Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36.”: Universitas Ciputra Surabaya. Simamora, (2001). “Minat Beli Terhadap Suatu Produk Muncul Karena Adanya Kepercayaan Terhadap Produk Tersebut Bersama Dengan Kemampuan

Untuk Membeli Produk Tersebut”.

Sopiha, dan Sangadji. (2013:188-189). ”Kualitas Produk Sebagai Evaluasi Menyeluruh Pelanggan Atas Kebaikan Kinerja Barang Atau Jasa”.

Subagja, Mochamad Rizky. (2020). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Adidas Di Bandung.” Bandung: Telkom University.

Sugiyono. (2004). “Populasi merupakan Wilayah Regeneralisasi Yang Terdiri Atas objek Yang Mempunyai Kualitas dan Karakteristk Tertentu”.

Sugiyono. (2007:190). “Realibilitas Adalah Indeks Yang Menunjukan Sejauh Mana Alat Pengukur Yang Dipercaya Dapat Diandalkan”

Sugiyono. (2010). “Variabel Penelitian Adalah Segala Sesuatu yang Berbentuk Yang Ditetapkan Oleh Peneliti”.

Sugiyono. (2010:146). “Instrumen Penelitian Adalah Pedoman Tertulis Wawancara Atau Pengamatan Daftar Pertanyaan Yang Dipersiapkan Untuk Mendapatkan Informasi dari Responden”.

Sugiyono. (2013:172). “Dua Syarat Yang Berlaku Untuk Sebuah Angket”.

 

Sugiyono. (2014). “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Bandung PT Alfabet.

Sugiyono. (2017:184). “Hasil Korelasi Memiliki Derajat Hubungan Yang Sempurna”.

Supriyanto. (2016). “Definisi Administrasi Bisnis”. Widodo :2014. Surya, Putra Perdana. (2019). “Kualitas Produk Berpengaruh Positif “.

Susanto, dan Kotler. (2001). “Minat Beli Merupakan Bagian Dari Perilaku Membeli Sehingga Memiliki Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli”.

Tjiptono, Fandy. (2007). “Strategi Pemasaran. Edisi Pertama.” Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2015:121). “Kualitas Produk Memiliki Indikator – Indikator Dimensi.” Yogyakarta: Andi Ofset.

Utami, (2017). “Keyakinan Dan Sikap, Yakni Gambaran Pemikiran Dianut Seseorang Tentang Hal Yang Diyakini”.

Wibisono, Ekky Suti. (2019). “Pengaruh Positif Terhadap Minat Beli”. Wulandari, Djihan Ayu. Wijaksana, Tri Indra. (2021). “Pengaruh Harga Dan

Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Masyarakat, e-Proceeding of Management.” Vol.8, No.5: Universitas Telkom, Bandung.

References

Akdon, Riduwan. (2011). “Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika.” Bandung: Alfabeta. Cetakan Pertama. Jakarta, Penerbit Pustaka Sinar Harapan.

Amstrong, Dan Kotler. (2016:11). “Kualitas Produk Adalah Kemampuan Sebuah Produk Dalam Memperagakan Fungsinya”.

Ari Kunto, S. (2007). ”Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI.” Jakarta: Rineka Afta.

Arikunto. (2010:211). “Uji Validitas Merupakan Keaslian Instrumen”.

Assauri, Softjan. (2015:211). “Kualitas Produk Adalah Persyaratan Tingkat Kemampuan Dari Suatu Merek Atau Produk Tertentu Dalam Melaksanakan Fungsi Yang Diharpakan”.

Citra, Andi Yuni. (2021). “Pengaruh Diferensiasi produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk teh walini pada kantor PTPN XIV “: Makasar.

Fulfillment, Tridge. (2018). “Food and Agroculture Organization Of the United Nation.” Australia: Global surcing.

Gasperz. (2008). “Lima Dimensi Alat Ukur Terhadap Kualitas Produk”. Gaspersz, Vincent. (2005). “Kualitas Suatu Produk Memiliki Dimensi Pengukuran

Yang Terjadi Dari Lima Aspek”.

Ghozali, Imam. (2012). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.” Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Hetty, Sri Wardani. (2015). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap

Minat Beli Konsumen Muslim Pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang”:

Universitas Islam Negeri Walisongo.

Hidayat, Anwar. (2012). “Statistikian Uji F dan Uji T. Jakarta Indonesia“: Kursus statistika.

Indonesia Investment, (2015) : “Produksi Perkebunan Teh di Indonesia.”

Kaka Mahemba, Umbu Saga Ana. (2019). “Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli ulang konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi.”: Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Kholil, Ferhat. (2019). “Pengaruh Perilaku Konsumen, Kualitas Produk, dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Klamby.” Bandung: Telkom University.

Kotler, dan Keller. (2009;143). “Kualitas Produk Adalah Produk Atau Jasa Yang Telah Memenuhi Atau Melebihi Ekspektasi Pelanggan Sehingga Menimbulkan Minat Beli”. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, dan Keller. (2012). “Manajemen Pemasaran.” Edisi 12. Jakarta: Erlangga. Liana, Dan Durianto. (2004:44). “Minat Beli Merupakan Sesuatu Yang

Berhubungan Dengan Rencana Konsumen Untuk Membeli Produk”.

Lovelock, Christopher H. dan Lauren K. Wright. 2007. “Manajemen Pemasaran Jasa”. Cetakan II. Indeks. Jakarta.

Mahemba, Umbu Saga Ana Kaka. (2019). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (studi pengguna smartphone xiaomi di Y)”.

:Yogyakarta.

Muhammad, (2004). “Etika Ekonomi dan Perlindungan Konsumen Dalam Islam.”

Yogyakarta: BPFE.

Mulyana, Dede Yanyan. (2020). “Pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan di PT. Puriwisata Tangkuban Perahu Kabupaten Subang”: Universitas Subang.

Mulya, Jho. (2015). “Quality dan Productivity.” Proxsis East Surabaya.

Satria, Arief Adi. (2017). “Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36”: Universitas Ciputra Surabaya.

Octavia, Yossella Nur. (2020). “Pengaruh promosi terhadap volume penjualan pada dealer pacific motor subang kota.”: Universitas Subang.

Priansa. (2017). “Minat Beli Dapat Diukur Dengan Empat Dimensi Pokok”.

Poerwanto. (2016:25). “Administrasi Bisnis”: Pustaka Pelajar.

Purwanto. (2006). “New Business Administration.”: Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Satria, Arief Adi. (2017). “Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36.”: Universitas Ciputra Surabaya. Simamora, (2001). “Minat Beli Terhadap Suatu Produk Muncul Karena Adanya Kepercayaan Terhadap Produk Tersebut Bersama Dengan Kemampuan

Untuk Membeli Produk Tersebut”.

Sopiha, dan Sangadji. (2013:188-189). ”Kualitas Produk Sebagai Evaluasi Menyeluruh Pelanggan Atas Kebaikan Kinerja Barang Atau Jasa”.

Subagja, Mochamad Rizky. (2020). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Adidas Di Bandung.” Bandung: Telkom University.

Sugiyono. (2004). “Populasi merupakan Wilayah Regeneralisasi Yang Terdiri Atas objek Yang Mempunyai Kualitas dan Karakteristk Tertentu”.

Sugiyono. (2007:190). “Realibilitas Adalah Indeks Yang Menunjukan Sejauh Mana Alat Pengukur Yang Dipercaya Dapat Diandalkan”

Sugiyono. (2010). “Variabel Penelitian Adalah Segala Sesuatu yang Berbentuk Yang Ditetapkan Oleh Peneliti”.

Sugiyono. (2010:146). “Instrumen Penelitian Adalah Pedoman Tertulis Wawancara Atau Pengamatan Daftar Pertanyaan Yang Dipersiapkan Untuk Mendapatkan Informasi dari Responden”.

Sugiyono. (2013:172). “Dua Syarat Yang Berlaku Untuk Sebuah Angket”.

Sugiyono. (2014). “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Bandung PT Alfabet.

Sugiyono. (2017:184). “Hasil Korelasi Memiliki Derajat Hubungan Yang Sempurna”.

Supriyanto. (2016). “Definisi Administrasi Bisnis”. Widodo :2014. Surya, Putra Perdana. (2019). “Kualitas Produk Berpengaruh Positif “.

Susanto, dan Kotler. (2001). “Minat Beli Merupakan Bagian Dari Perilaku Membeli Sehingga Memiliki Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli”.

Tjiptono, Fandy. (2007). “Strategi Pemasaran. Edisi Pertama.” Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2015:121). “Kualitas Produk Memiliki Indikator – Indikator Dimensi.” Yogyakarta: Andi Ofset.

Utami, (2017). “Keyakinan Dan Sikap, Yakni Gambaran Pemikiran Dianut Seseorang Tentang Hal Yang Diyakini”.

Wibisono, Ekky Suti. (2019). “Pengaruh Positif Terhadap Minat Beli”. Wulandari, Djihan Ayu. Wijaksana, Tri Indra. (2021). “Pengaruh Harga Dan

Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Masyarakat, e-Proceeding of Management.” Vol.8, No.5: Universitas Telkom, Bandung.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles