PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KFC SUBANG

Authors

  • Cornelis Deda
  • Silvy Sondari Gadzali Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang
  • Nabila Bilqies Baruni Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wbaj.v4i2.1515

Keywords:

Mix Influence, Marketing Mix, buying interest.

Abstract

Abstrak

Dalam menghadapi persaingan pasar yang kompetitif, KFC Subang selalu menyajikan makanan yang bermutu, berkualitas, dan yang paling utama, bahan makanan yang dipakai masih dalam keadaan fresh. Repurchase, pembelian ulang masih belum maksimal di lihat dari data pengunjung yang tidak stabil di akibatkan banyaknya kompetitor baru seperti : Hokben, Richesse, Kabobs dan lain-lainya. Retention menunjukan kekebalan terhadap daya tarik pesaing semakin ketat kerana banyak yang tertarik untuk mengembangkan bisnis dengan kategori sama. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan pada KFC Subang.

Penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung KFC Subang yang membeli produk KFC baik dimakan ditempat ataupun takeaway. Berdasarkan data yang peneliti peroleh dari KFC Subang bahwa pada tahun 2021 terdapat pengunjung sebanyak 148.567, dengan tingkat kesalahan yang dapat ditolelir 10 persen (0,1) atau dapat disebutkan tingkat keakuratan 90 persen sehingga sampel yang diambil untuk mewakili populasi tersebut adalah 100 konsumen pada KFC Subang yang akan dijadikan sebagai ukuran sampel penelitian.

Bauran Pemasaran berdasarkan uji t berpengaruh signifikan secara parsial (individu) terhadap Loyalitas Konsumen sebesar 18.5%, artinya bahwa Volume Loyalitas pelanggandipengaruhi oleh Bauran Pemasaran (X1) sebesar 18.5% dan sisanya sebesar 81.5% merupakan faktor lain yang mempengaruhi Volume Loyalitas pelangganyang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Pengaruh Bauran, Bauran Pemasran, Loyalitas Pelanggan

 

 

 

 

 

 

Abstract

In the face of competitive market competition, KFC Subang always serves quality, quality food, and most importantly, the food ingredients used are still fresh. Repurchase, repeat purchases are still not maximized, judging from the unstable visitor data due to the large number of new competitors such as: Hokben, Richesse, Kabobs and others. Retention shows that immunity to the attractiveness of competitors is getting tighter because many are interested in developing businesses in the same category. The purpose of this research is to find out how much influence the marketing mix has on customer loyalty at KFC Subang.

This research is a quantitative research method. The population in this study are KFC Subang visitors who buy KFC products, whether eaten on the spot or takeaway. Based on the data that researchers obtained from KFC Subang that in 2021 there will be 148,567 visitors, with a tolerable error rate of 10 percent (0.1) or it can be said that the accuracy rate is 90 percent so that the sample taken to represent the population is 100 consumers at KFC. Subang which will be used as the research sample size.

Marketing Mix, by t-test partially (individually) significant effect on Consumer Sales Volume by 18.5%, meaning that customer Loyalty Volume is influenced by Marketing Mix (X1) by 18.5% and the remaining 81.5% is another factor that affects Loyalty Volume customers who were not examined in this study.

 

Keywords: Mix Influence, Marketing Mix, buying interest.

References

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaan Jilid 2 Edisi 13. Jakarta :

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta : CV.Andi Offest Tj

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia

Downloads

Published

2023-01-02

Issue

Section

Articles