Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Tamu Hotel di Sari Alam Hot Spring and Resort Hotel Subang

Authors

  • Agus Dedi Subagja Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang
  • Dzaki Firdaus Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wbaj.vi.1664

Keywords:

Harga, Kepuasan Tamu Hotel

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang harga terhadap kepuasan tamu hotel yang ada di Sari Alam Hot Spring And Resort Hotel yang berlokasi di Jl. Desa Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.  Harga yang ditawarkan pada hotel tersebut menjadi penentu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, karena. semakin tinggi value terhadap harga yang ditetapkan maka semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan di Sari Alam Hot Spring And Resort Hotel. Analisis ini menggunakan variabel dependen yaitu harga  dan variabel independen yaitu kepuasan pelanggan, dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Untuk dimensi harga peneliti mengambil teori yang dikemukakan oleh Kotler dan Armstrong (2012 : 52) menjelaskan ada 4 ukuran yang mencirikan harga yaitu : keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan manfaat, kesesuaian harga dengan kualitas produk dan harga sesuai dengan kemampuan atau daya saing. Sedangkan untuk dimensi kepuasan pelanggan peneliti menggunakan dimensi dari Irawan (2003 : 34) yang berisikan kepuasan terhadap kualitas, kepuasan terhadap harga dan persepsi terbaik.  Populasi dalam penelitian ini merupakan pelanggan Sari Alam Hot Spring And Resort Hotel pada tahun 2022 sebanyak 1.675 pelanggan, sehingga teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil yang diperoleh sebanyak 95 orang. Sedangkan alat mengukur data menggunakan kuesioner dan perhitungan olah data menggunakan SPSS versi 26. Hasil analisis penelitian pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan di Sari Alam Hot Spring And Resort Hotel menunjukan hubungan sedang dengan nilai 0,466 dan pengaruh harga terhadap kepuasan tamu hotel sebesar 46,6% dan sisanya 53,4% yang dipengaruhi faktor lain diluar penelitian.

Kata Kunci : Harga, Kepuasan Tamu Hotel

Abstract

This research examines the price on guest satisfaction at the Sari Alam Hot Spring And Resort Hotel, which is located on Jl. Nagrak Village, Ciater District, Subang Regency, West Java Province. The price offered at the hotel is a determinant for increasing customer satisfaction, because. the higher the value of the price set, the higher the level of customer satisfaction. This study aims to examine and analyze the effect of price on customer satisfaction at the Sari Alam Hot Spring And Resort Hotel. This analysis uses the dependent variable, namely price and the independent variable, namely customer satisfaction, using a quantitative method approach. For the price dimension, the researcher uses the theory put forward by Kotler and Armstrong (2012: 52) explaining that there are 4 sizes that characterize prices, namely: price affordability, price compatibility with benefits, price compatibility with product quality and price according to ability or competitiveness. As for the dimensions of customer satisfaction, researchers used the dimensions of Irawan (2003: 34) which contain satisfaction with quality, satisfaction with price and the best perception. The population in this study is Sari Alam Hot Spring And Resort Hotel customers in 2022 with a total of 1,675 customers, so the sampling technique uses the slovin formula with the results obtained as many as 95 people. While the data measuring tool uses a questionnaire and data processing calculations use SPSS version 26. The results of the analysis of the effect of price on customer satisfaction at the Sari Alam Hot Spring And Resort Hotel show a moderate relationship with a value of 0.466 and the effect of price on guest satisfaction is 46.6% and the remaining 53.4% is influenced by other factors outside the study.

Keywords: price, guest satisfaction.

Author Biographies

Agus Dedi Subagja, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

 

 

 

Dzaki Firdaus, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Subang

 

 

References

Alma, Buchari . (2019). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arief, Muhtosim. (2006). Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta.

Armahadyani. (2018). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Makan Pa'Mur Karawang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif, 10.rs

Armstrong, P. K. (1995). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1 Edisi Keenam. Jakarta: Intermedia.

Damardjati, R.S. (2002). Istilah-Istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.

Evanka, Elvira. (2022). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di G Hotel Syariah Bandar Lampung. Manajemen.

Fatihudin, Didin dan Firmansyah, M. (2019). Pemasaran Jasa : Strategi, Mengukur Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan. Sleman: DEEPUBLISH.

George, R. Terry dan Leslie, W . (1999). Dasar-dasar Manajemen . Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawan, H., dkk. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan: NEM.

Husaini, & Fitria, Happy. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Mnajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 44.

Irawan, Handi. (2019). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kotler, P; Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mahendra, D. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Laboratorium Kalibrasi PT Multi Intrumentasi Mandiri. 1-7.

Marliani, Lina. (2018). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 2.

Marpaung, Veronika; Maria; Saputri, Eka Marheni;. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Cafe Kopi Massa Kok Tong Lim Ming Tebing Tinggi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi), 3-5.

Poerwanto, Iwan. (2006). Manajemen Strategi. Bandung: Yrama Widya.

Ratnasari, Tri, R dan H, Mastuti. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sangadji, Eta Mamang; Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: C.V ANDI.

Saragih, Henri. (2015). Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Nutricia Indonesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 1-3.

Setiawan, D., Suryoko, S., & Listyorini, S. (2014). Pengaruh Harga, Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Buku Gramedia Pandanaran. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Simon, Kevin; Utami, Christina Whidya; Padmalia, Metta ;. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tours & Travel. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Sunyoto, Danang. (2018). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Tjiptono, Fandy . (2000). Pemasaran Strategic. Edisi Kedua. Yogyakarta: ANDI.

Y, Wayong. (2004). Fungsi Administrasi Negara. Jakarta: Djambatan.

Yulianty, Yati. (2020). Pengaruh Dimensi Bauran Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal, 4.

Zulkarnaen, Wandy; Amin, Neneng Nurbaeti;. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Terhadap Rema Laundry Dan Simply Fresh Laundry Di Jalan Cikutra Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 5.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Articles