PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)

Authors

  • Nurmayanti Nurmayanti Universitas Subang
  • Bety Miliyawati Universitas Subang
  • Mariam Ar Rahmah Universitas Subang

Keywords:

Kemampuan Koneksi Matematis, Missouri Mathematics Project (MMP)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengkaji peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dalam pembelajaran Matematika melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran yang dipakai di sekolah; 2) Mengkaji sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dan desain penelitiannya adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalijati yang terdiri dari sepuluh kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-A sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Hasil penelitian berdasarkan hasil uji perbedaan dua rerata indeks gain diperoleh bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Hasil analisis data angket menunjukkan bahwa sikap siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).

Downloads

Published

2020-02-03

How to Cite

Nurmayanti, N., Miliyawati, B. ., & Ar Rahmah, M. . (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 59–67. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/644