Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Pendekatan Open Ended

Authors

  • Mariam Ar Rahmah
  • Sumpena Rohaendi Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i1.1018

Keywords:

Kemampuan komunikasi, pendekatan open ended

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang pembelajarannya dengan Pendekatan Open-Ended lebih baik daripada peningkatan siswa yang pembelajarannya dengan metode ekspositori. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menjadikan kelas VIIA kelas eksperimen dan VIIC kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal-soal yang memuat indikator kemampuan komunikasi dan nontes berupa angket. Adapun hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan pendekatan open ended tidak lebih baik dari siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori, meskipun sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan open ended.

Downloads

Published

2021-02-25

How to Cite

Ar Rahmah, M. ., & Rohaendi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Pendekatan Open Ended. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 86–91. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i1.1018

Most read articles by the same author(s)