KEMAMPUAN MATHEMATICAL CREATIVE PROBLEM SOLVING SISWA SMP MELALUI STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND BERBASIS MASALAH
Keywords:
Pembelajaran berbasis masalah, kemampuan MCPS, strategi MHM berbasis masalah, sikap siswa terhadap matematikaAbstract
Artikel ini menyajikan hasil penelitian tentang Implementasi pembelajaran matematika dengan strategi MHM berbasis masalah terhadap kemampuan mathematical creative problem solving (MCPS). Penelitian kuasi eksperimen dengan posttest control group design ini merupakan sebuah penelitian payung, dengan melibatkan 69 siswa kelas VII yang berasal dari dua kelas pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Subang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: butir soal tes pengetahuan awal matematika, kemampuan MCPS dan skala sikap siswa. Data penelitian untuk skor pretes, postes, dan gain ternormalisasi kemampuan MCPS dianalisis dengan ANOVA dua jalur, Mann-Whitney, dan Chi-Kuadrat. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan MCPS siswa secara signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Siswa pada kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi MHM berbasis masalah memiliki kemampuan MCPS lebih baik daripada siswa pada kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan MCPS antara siswa yang berkemampuan tinggi dan siswa yang berkemampuan sedang. Namun antara siswa yang berkemampuan sedang dan berkemampuan rendah, tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan MCPS yang dicapai. Bila ditinjau dari klasifikasi dari Meltzer (2002), peningkatan kemampuan MCPS siswa secara keseluruhan, termasuk dalam kategori sedang. Di sisi lain, siswa pada kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi MHM berbasis masalah memiliki sikap positif terhadap matematika lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional. Sebaliknya, tidak menemukan asosiasi antara kemampuan MCPS dengan sikap siswa terhadap matematika. Simpulnya, bahwa terjadi peningkatan ketercapaian indikator kemampuan MCPS lebih baik berdasarkan kelompok siswa ditinjau dari strategi MHM berbasis masalah dan pembelajaran secara konvensional.