MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN (VAK) VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

Authors

  • MELI MARDIANA PATATIH FKIP Universitas Subang
  • BETY MILIYAWATI FKIP Universitas Subang
  • MARIAM AR RAHMAH FKIP Universitas Subang

Keywords:

Berpikir Kritis Matematis, Model pembelajaran VAK, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis penyebabnya adalah model pembelajaran yang masih berpusat pada guru teacher center. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui : (1) Apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditori,Kinestetik) lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori; (2) Bagaimana dampak model pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan lokasi penelitian ini adalah SMAN 1 Pamanukan. Dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian adalah : (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori; (2) Dampak model pembelajaran VAK (Visual, Auditori,Kinestetik) terhadap motivasi belajar siswa adalah sangat positif.

Downloads

Published

2018-10-18

How to Cite

PATATIH, M. M., MILIYAWATI, B., & RAHMAH, M. A. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN (VAK) VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(02), 167–176. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/299

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)