PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTs
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.437Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pendekatan Pembelajaran Open-Ended, Metode Pembelajaran EkspositoriAbstract
Penelitian ini karena kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih kurang, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan soal-soal matematika, selain itu juga siswa terlihat pasif dan hanya mengikuti contoh penyelesaian yang dilakukan oleh guru. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah pendekatan Open-Ended. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Fatah Pabuaran. Peneliti memilih dua kelas sebagai sampel. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan pendekatan pembelajaran Open-Ended, dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan metode pembelajaran ekspositori. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah pretes-postes Control Group Design. Dari hasil uji hipotesis rerata indeks gain dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas yang menggunakan pendekatan Open-Ended lebih baik daripada kelas yang menggunakan metode ekspositori. Hal tersebut terlihat pada saat proses belajar mengajar dalam kelas, siswa terlihat antusias dalam mengerjakan soal Open-Ended dan menjawab soal tersebut dengan berbagai alternatif jawaban. Hasil tersebut diperkuat oleh data angket yang menggambarkan bahwa respon siswa positif dan siswa menjadi lebih kreatif dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open-Ended. Dengan demikian pendekatan Open-Ended dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran selama dikelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir keatif matematis siswa MTs.