Pengaruh Pembelajaran Penjas Terintegrasi Life Skill Terhadap Peningkatan Positive Youth Development (PYD) Pada Siswa Kelas XII di SMAN 1 Subang

Authors

  • Firda Aulia Universitas Subang
  • Aris Risyanto Universitas Subang
  • R. Dadan Pra Rudiana Universitas Subang
  • Iyan Nurdiyan Haris Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i2.2010

Keywords:

Life Skill;, Pembelajaran Penjas;, dan PYD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran penjas terintegrasi life skill terhadap peningkatan positive youth development (PYD) pada siswa kelas XII di SMAN 1 Subang. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan Design Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMAN 1 Subang dengan total 10 kelas yang berjumlah 342 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yang berjumlah 67 siswa. Berdasarkan hasil analisis statistik Paired sample t-Test dari kelas eksperimen menggunakan pembelajaran penjas terintegrasi life skill adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran penjas terintegrasi life skill terhadap peningkatan positive youth development (PYD) pada siswa kelas XII di SMAN 1 Subang. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS, nilai rata-rata pembelajaran penjas terintegrasi life skill sebesar 32,64 dan pembelajaran penjas tidak terintegrasi life skill sebesar 12,58. Dengan nilai F sebesar 16,731 dan nilai Sig. sebesar 0,000. Hasil analisis statistik One Way Anova menunjukan nilai Sig. 0,000 < 0,05 atau Fhitung sebesar 16,731 > nilai Ftable sebesar 3,14 sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran penjas terintegrasi life skill dan pembelajaran penjas tidak terintegrasi life skill terhadap peningkatan positive youth development (PYD) pada siswa kelas XII di SMAN 1 Subang.

Downloads

Published

2024-10-03

How to Cite

Aulia, F., Risyanto, A., Rudiana, R. D. P., & Haris, I. N. (2024). Pengaruh Pembelajaran Penjas Terintegrasi Life Skill Terhadap Peningkatan Positive Youth Development (PYD) Pada Siswa Kelas XII di SMAN 1 Subang. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(2), 163–171. https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i2.2010

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3