Studi Cross Sectional Fundamental Movement Skills Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i2.1420Keywords:
Fundamental Movement Skill, Lokomotor, Siswa Sekolah DasarAbstract
Fundamental movement skills merupakan salah satu faktor yang dapat menggiring anak memiliki kebugaran yang baik serta dapat merangsang anak untuk berpartisipasi dalam berbagai macam aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran fundamental movement skills (lokomotor) siswa di sekolah dasar. Selain itu penelitian ini memiliki tujuan mengungkap perbedaan fundamental movement skills siswa berdasarkan jenis kelamin. Metode penelitian ini adalah metode survei dengan jenis cross-sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Waworaha, Kecamatan Soropia, Kabupaten Kolaka Timur. Sebanyak 63 siswa yang berusia 6-8 tahun menjadi subyek peneltian dengan rincian 33 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling pada siswa kelas rendah. Instrumen fundamental movement skill digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menujukkan rata-rata fundamental movement skills siswa berada kategori cukup dengan presentase 40,80%. Jika ditinjau dari perspektif gender hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan fundamental movement skills antara siswa laki-laki dan perempuan.