PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VIII SMPN 1 CIASEM KABUPATEN SUBANG (Studi eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ciasem)

Authors

  • Lutfi Tajul Arifin PJKR FKIP Universitas Subang
  • Iyan Nurdiyan Haris PJKR FKIP Universitas Subang

Keywords:

Permainan Tradisional, Kebugaran Jasmani

Abstract

Program studi pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Subang. Tujuan dari peneliktian ini adalah untuk memperoleh informasi apakah terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMPN 1 Ciasem. Metode penelitian yanhg digunakan adalah mketode eksperimen. Populasi penelitian adalah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 1 Ciasem. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C sebanyak 40 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan.berdsasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dengan uji statistik, paired sampel T-test, maka dapat didapat nilai yaitu Ttable dengan α = 0,05 sebesar 1,684 kemudian nilai ini dibandingkan dengan harga Thitung 16,019 , oleh karena Thitung (16,019) > Ttabel (1,684), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang sigfnifikan permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMPN 1 Ciasem. Saran dari penulis, dengan mengemas pelajaran penjas semenarik mungkin sepert6i yang penulis lakukan menggunakan permainan tradisional dapat meningkatkan tingkat kebugaran jasmani pada usia sekolah menengah pertama kelas VIII dikarenakan bersemangatnya anak dalam melakukan gerak.

Downloads

Published

2018-02-16

How to Cite

Arifin, L. T., & Haris, I. N. (2018). PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VIII SMPN 1 CIASEM KABUPATEN SUBANG (Studi eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ciasem). Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/222

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>