PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMK NEGERI 2 SUBANG

Authors

  • WALUYO ADI PRASOJO FKIP Universitas Subang
  • DENI MUDIAN FKIP Universitas Subang
  • IYAN NURDIYAN HARIS FKIP Universitas Subang

Keywords:

: Model Pembelajaran Inkuiri, Rasa Percaya Diri

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Subang Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran inkuiri dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SMK Negeri 2 Subang. (2) Untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih berpengaruh antara model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SMK Negeri 2 Subang.  Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Pretest Postest Control Group Desain. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Bidang Keahlian Pelayaran dengan jumlah siswa sebanyak 121 orang. Pada penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah “Cluster   Random   Sampling†yaitu menetapkan sebanyak 61 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala kepercayaan diri model skala Likert. Semua data yang dikumpulkan pada saat tes akhir diolah dan dianalisis dengan menggunakan Uji Paired Samples T Test Pre-Test dengan Post-Test dan Uji Independent Sample  T-Test dengan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data diperoleh kenaikan rata-rata nilai kelas  eksperimen  sebesar 7,29  sedangkan  kenaikan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 3,74 sehingga diketahui kenaikan skor kepercayaan diri siswa kelas eksperimen lebih besar 3,55 dibandingakn dengan kelas kontrol. Dan diketahui juga nilai Independent Sample T-Test sig.(2-tailed) 0,003 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri memberikan pengaruh lebih signifikan terhadap kepercayaan diri siswa daripada model pembelajaran langsung. Sesuai dengan hasil penelitian  ini,  direkomendasikan agar  para  guru  Pendidikan  Jasmani  Olahraga Dan Kesehatan menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2018-10-17

How to Cite

PRASOJO, W. A., MUDIAN, D., & HARIS, I. N. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMK NEGERI 2 SUBANG. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(02), 81–88. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/290

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>