PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB

Authors

  • IYAN NURDIYAN HARIS FKIP Universitas Subang

Keywords:

tanggung jawab, kooperatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab dan manakah yang lebih berpengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model konvensional terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas V, VI SD Negeri 6 Watampone.Desain penelitian yang digunakan adalah RandomizePretest-Posttest Control Group Design. Analisis data yang digunakan adalah Uji Paired Sample t-test dan Independent Sample t-testPosttest. Hasil yang diperoleh adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab siswa, dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Pembelajaran pendidikan jasmani dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dikemas secara kolaboratif, tolong-menolong, ketergantungan positif, dan pemberian tanggung jawab individual sangat disenangi oleh siswa.

Downloads

Published

2016-02-11

How to Cite

HARIS, I. N. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/147

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>