PENGARUH METODE LATIHAN SIRKUIT TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA PERMAINAN BULUTANGKIS (Studi Eksperimen Pada Siswa Ekstrakurikuler Bulutangkis MA Miftahul’ulum)

Authors

  • Iwan Hasyim PJKR FKIP Universitas Subang
  • Iyan Nurdiyan Haris PJKR FKIP Universitas Subang
  • Deni Mudian PJKR FKIP Universitas Subang

Keywords:

metode latihan sirkuit, kemampuan smash

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta ekstrakurikuler bulutangkis MA Miftahul’ulum belum bisa menguasai teknik kemampuan smash dengan baik, belum ada variasi latihan, cara memlakukan smash masih belum benar, dan program latihan belum dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode latihan sirkuit memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan smash pada permainan bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler bulutangkis MA Miftahul’ulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen, penelitian ini termasuk dalam bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MA Miftahul’ulum, sedangkan sampelnya adalah peserta ekstrakurikuler bulutangkis MA Miftahul’ulum yang berjumlah 30 peserta. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan smash tingkat validitas 0,675 dan reliabilitas 0,768. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic dengan pengujian hipotesis menggunakan paired samples t test. Hasil analisis menunjukkan bahwa : Ada pengaruh yang signifikan metode latihan sirkuit terhadap kemampuan smash pada permainan bulutangkis siswa ekstrakurikuler MA Miftahul’ulum Dari data uji t dapat dilihat bahwa sig.(2-tailed) = 0,000 <a 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode latihan terhadap kemampuan smash pada permainan bulutangkis siswa ekstrakurikuler MA Miftahul’ulum.

Downloads

Published

2018-02-12

How to Cite

Hasyim, I., Haris, I. N., & Mudian, D. (2018). PENGARUH METODE LATIHAN SIRKUIT TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA PERMAINAN BULUTANGKIS (Studi Eksperimen Pada Siswa Ekstrakurikuler Bulutangkis MA Miftahul’ulum). Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/190

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>