MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Authors

  • Iyan Nurdiyan Haris PJKR FKIP Universitas Subang

Keywords:

Penjas, Peer Teaching, Kurikulum 2013

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan program dari bagian pendidikan umum yang memberi kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh yaitu fisik, gerak, mental, dan sosial. Di dalam pengembangan nilai-nilai sosial seorang guru penjas dituntut untuk dapat memilih dan menggunakan strategi atau teknik pembelajaran yang tepat dan efisien dengan maksud dan tujuan agar aktivitas pembelajaran pendidikan jasmani dapat tercapai dengan optimal. Strategi pembelajaran yang efektif dapat dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya yakni dengan cara berusaha melibatkan siswa secara aktif, kreatif dan menyenangkan, agar siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Sesuai amanat Kurikulum 2013 yang mengharuskan keterlibatan siswa secara aktif atau pada proses pembelajarannya berpusat pada siswa (student centered). Salah satu model pembelajaran yang dapat mengakomodir kebutuhan siswa adalah model pembelajaran tutor sebaya atau peer teaching. Sudah banyak hasil penelitian yang menyatakan bahwa model pembelajaran peer teaching dapat meningkatkan bukan hanya hasil belajar (psikomotor) siswa tetapi juga afektif dan kognitif siswa.

Downloads

Published

2018-02-12

How to Cite

Haris, I. N. (2018). MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/191

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>