PENERAPAN HYPNOTEACHING MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENGETAHUI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • ASEP HABIBI FKIP Universitas Subang
  • NITA DELIMA FKIP Universitas Subang
  • YANRY BUDIANINGSIH FKIP Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.448

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Discovery Learning, Metode Hypnoteaching

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan hypnoteaching melalui model discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis serta mengetahui motivasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dengan bantuan hypnoteaching lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori; (2) Mengetahui sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model discovery learning dengan bantuan hypnoteaching; (3) Mengetahui motivasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model discovery learning dengan bantuan hypnoteaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelas, kelas pertama sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori dan kelas kedua sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan hypnoteaching. Adapun data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis, angket sikap, dan angket motivasi belajar.

Downloads

Published

2019-03-27

How to Cite

HABIBI, A., DELIMA, N., & BUDIANINGSIH, Y. (2019). PENERAPAN HYPNOTEACHING MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENGETAHUI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(01), 96–105. https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.448

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)