MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION (AIR) SERTA DAMPAKNYA PADA SELFCONFIDENCE SISWA SMP

Authors

  • IMAS MASRIAH FKIP Universitas Subang
  • NITA DELIMA FKIP Universitas Subang
  • YANRY BUDIANINGSIH FKIP Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.465

Keywords:

Kemampuan Penalaran Matematis, AIR, Self-confidence

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa smp yang masih rendah, siswa masih kebingungan untuk menentukan konsep dalam menyelesaikan soal matematika, baik dalam bentuk abstrak atau dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, self-confidence siswa masih rendah, masih banyak siswa yang belum berani menyampaikan gagasan yang mereka miliki baik secara lisan maupun tulisan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis serta berdampak pada self-confidence siswa adalah model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Pagaden. Sampel diambil dengan memilih dua kelas secara acak. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran AIR, dan satu kelas sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis pada siswa kelas VIII SMPN 2 Pagaden yang menggunakan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) dan yang menggunkan pembelajaran ekspositori. Tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui self-confidence siswa yang menggunakan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) dan pembelajaran ekspositori berbeda atau sama. Selanjutnya adalah untuk mengetahui hubungan timbal balik kemampuan penalaran matematis dan selfconfidence siswa dari adanya peningkatan dengan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR). Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model auditory, intellectualy, repetition (AIR) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis N-gain terhadap siswa yang pembelajarannya dengan AIR lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Sedangkan hasil analisis angket auditory, intellectualy, repetition (AIR) dapat disimpulkan siswa sebagian besar menyetujui pembelajaran dengan menggunakan AIR. Serta  hasil analisis self-confidence siswa dengan penerapan model pembelajaran AIR adalah sebagian besar siswa memiliki self-confidence yang tinggi.

Downloads

Published

2019-03-28

How to Cite

MASRIAH, I., DELIMA, N., & BUDIANINGSIH, Y. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION (AIR) SERTA DAMPAKNYA PADA SELFCONFIDENCE SISWA SMP. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(01), 124–130. https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.465

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)