STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa SMA Negeri Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2010/2011)
Keywords:
strategi konflik kognitif, kemampuan pemahaman konsepAbstract
Kesalahan atau ketidaktepatan siswa dalam memahami suatu konsep tergantung dari proses yang terjadi pada struktur kognitifnya. Kesalahan-kesalahan atau ketidaktepatan dalam memahami konsep merupakan sesuatu yang harus segera diatasi. Effendy (2002) mengungkapkan bahwa miskonsepsi atau ketidaktepatan dalam memahami suatu konsep dapat dikurangi dengan pembelajaran yang memuat konflik kognitif. Penelitian dilakukan pada SMA negeri sekabupaten Subang dengan sampel diambil secara acak berdasarkan kelompok kategori sekolah peringkat baik dan sedang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes level konflik kognitif. Penggunaan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran matematika dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.