STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa SMA Negeri Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2010/2011)

Authors

  • YANRY BUDIANINGSIH FKIP Universitas Subang

Keywords:

strategi konflik kognitif, kemampuan pemahaman konsep

Abstract

Kesalahan atau ketidaktepatan siswa dalam memahami suatu konsep tergantung dari proses yang terjadi pada struktur kognitifnya. Kesalahan-kesalahan atau ketidaktepatan dalam memahami konsep merupakan sesuatu yang harus segera diatasi. Effendy (2002) mengungkapkan bahwa miskonsepsi atau ketidaktepatan dalam memahami suatu konsep dapat dikurangi dengan pembelajaran yang memuat konflik kognitif. Penelitian dilakukan pada SMA negeri sekabupaten Subang dengan sampel diambil secara acak berdasarkan kelompok kategori sekolah peringkat baik dan sedang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes level konflik kognitif. Penggunaan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran matematika dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.

Downloads

Published

2016-02-08

How to Cite

BUDIANINGSIH, Y. (2016). STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa SMA Negeri Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2010/2011). Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/157

Issue

Section

Articles