PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK UNTUK BAHAN CAMPURAN PAVING BLOCK

Authors

  • Saeypudin
  • Sugeng Sutikno Sutikno

Keywords:

paving block, sampah plastik

Abstract

Sampah di Indonesia merupakan permasalahan yang tidak kunjung selesai baik sampah organik maupun sampah anorganik semuanya sama-sama menimbulkan permasalahan karna tidak ditangani dengan tepat. Sampah organik yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk bahan pupuk Organik malah menjadi sumber bau tidak sedap karena tidak di tangani dengan baik begitupun dengan sampah anorganik seperti Plastik yang masih sangat minim penanganannya sehingga sering sekali menjadi penyebab pencemaran tanah dan air. Penelitian pemanfaatan sampah palstik untuk bahan campuran Paving Block ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sampah palstik pada kualitas Paving Block mengingat di Kabupaten Subang sendiri sudah ada beberapa desa yang memproduksi Paving Block sampah plastik namun belum memiliki standar mutu yang sudah teruji di Laboratorium  yang bisa dijadikan acuan dalam proses pembuatan Paving Block sampah plastik.

Pengujian mutu paving block sampah plastik ini akan mengacu pada SNI 03-0691-1996 Bata Beton (Paving Block) dimana ada 3 pengujian yang diantaranya adalah pengujian kuat tekan, pengujian daya serap air, dan pengujian ketahanan aus sehingga akan diketahui seperti apa pengaruh sampah plastik untuk bahan campuran Paving Block.

Downloads

Published

02-12-2020

How to Cite

Saeypudin, & Sutikno, S. S. (2020). PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK UNTUK BAHAN CAMPURAN PAVING BLOCK. MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur), 4(1), 74–79. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FTK/article/view/932