Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Authors

  • Tri Gustina Universitas Subang
  • Vara Nina Yulian Universitas Subang

Keywords:

kemampuan komunikasi matematis, project based learning

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya atau tidak peningkatan penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasi Eksperimental Design yaitu desain penelitian Nonrandomized Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Subang yang terbagi ke dalam 22 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode probability sampling dengan menggunakan teknik simple random sampling (sampel acak sederhana) yaitu cara pengambilan sampel secara acak (random). Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak dari 22 kelas yang tersedia. Dua kelas kemudian dipilih secara acak untuk menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket untuk mengetahui sikap siswa terhadap model Project Based Learning. Dalam perencanaan penelitian ini peneliti akan melakukan penelitian sebanyak 8 kali, sesuai dengan perencanaan penelitian yang dituangkan di bab 3

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Gustina, T. ., & Yulian, V. N. . (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 3(1), 182–189. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1305

Issue

Section

Articles