Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt.Bank Mandiri Republik Indonesia Unit Tanjung Siang
DOI:
https://doi.org/10.37950/wbaj.v1i1.745Keywords:
Kualtas pelayananAbstract
Di era globalisasi dalam kegiatan ekonomi, peranan dunia usaha khususnya dalam sektor finansial dan perbankan semakin menampakan perubahan yang sangat pesat. Dalam dunia perbankan yang menjadi sorotan utama buka hanya produk dan jasa, kualitas pelayanan merupakan bagian penting yang perlu dimiliki oleh pelaku usaha perbankan. Dalam rangka memuaskan nasabah, sebuah bank harus berusaha untuk meningkatkan kualitas harapan nasabah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui tingkat kualitas pelayanan di PT. BMRI unit Tanjung Siang terhadap nasabahnya cukup tinggi. Tingkat kepuasan nasabah di PT. BMRI unit Tanjung Siang cukup tinggi. Namun Pengaruh kualitas pelayanan secara variabel x tunggal (parsial) terhadap kepuasan nasabah di PT. BMRI unit Tanjung Siang tidak memiliki pengaruh namun bila kualitas pelayanan digabungkan dengan variabel x (lainnya) memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah.
In the era of globalization in economic activities, the role of the business world, especially in the financial and banking sectors, is increasingly showing rapid changes. In the banking world, which is the main focus open only to products and services, the quality of services is an important part that needs to be owned by banking businesses. In order to satisfy customers, a bank must strive to improve the quality of customer expectations. Based on the results of the study note the level of service quality at at PT. Bank Mandiri Republik Indonesia (PT.BMRI) Unit Tanjungsiang for its customers is quite high. The level of customer satisfaction at at PT. Bank Mandiri Republik Indonesia (PT.BMRI) Unit Tanjungsiang is quite high. The effect of service quality is variable x single (partial) on customer satisfaction at at PT. Bank Mandiri Republik Indonesia (PT.BMRI) Unit Tanjungsiang has no influence but if service quality is combined with x (other) variables it has an influence on customer satisfaction.
References
Aprillia Fitriani. 2014. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank BRI Syariah KCP Rawamangun. Program Studi Muamalat (Ekonomi Islam) Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Az. Nasution, 2014, Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, Bandung:PT. Citra Adiya Bakti
Catur, Rismiati.E. dan Ig. Bondan Suratno. 2001, Pemasaran Barang dan Jasa. Cetakan Pertama, Penerbit : Kanisius, Yogyakarta.
Denhardt, Janet V. and Denhardt, Robert B. 2003. The New Public Service: Serving, not. Steering. New York: M.E. Sharpe. Inc.
Fitri Madona. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang 16 Ilir. Palembang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Hamdani, Lupioyandi. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Jasa. edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat
Irawan, H. 2004. Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi. Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA. Jakarta : PT Alex Media Computindo
Kriyantono, Rachmat.2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group
M. Nasution, 2005, Total Quality Managemen”, PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Pasolong, Harbani. 2017. Teori Administrasi Publik. Bandung: ALFABETA
Philip, Kotler. 2015. Manjajemen Pemasaran, Jilid I dan II terjemahan Benyamin Molar, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2008. Manajemen pelayanan. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.
Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung; PT. Refika Aditama.
Siregar, Syofian. 2015. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Depok : Rajagrafindo Persada.
Sugiyono, Prof.Dr. 2014.Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta Bandung
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 1996. Strategi Bisnis & Manajemen. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fandy. 1998. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi kedua.Yogyakarta: Andi.
Torang, Syamsir. 2013. Organisasi dan Manajemen. ALFABETA: Bandung.
Zeithaml, Valarie, A. Parasuraman and Leonard L. Berry. 1990. Devering Quality Service, New York: The Free Press.