Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. BPR Sinar Mas Pelita Cabang Cipeundeuy

Authors

  • Yuyu Sukmawati
  • Deddy Suhardi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang
  • Agus Dedi Subagja Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wbaj.v3i1.1075

Keywords:

Kualitas pelayanan, kepuasan nasabah

Abstract

Abstrak

Tujuan peneliti mengadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT. BPR Sinar Mas Pelita Cabang Cipeundeuy. Metode yang dipilih dalam penelitian ini. penulis menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian survei yang bersifat penelitian penjelasan yaitu metode penelitian penjelasan yang menyoroti hubungan antara variabel- variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan antara lain dengan mengadakan studi kepustakaan, studi lapangan yang terdiri dari observasi,  wawancara  serta melalui kuesioner yang disebarkan kepada 85 responden dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling jenis sampel  ini  dipilih secara acak. Kualitas pelayanan PT. BPR Sinar Mas Pelita Cabang Cipeundeuy berjalan baik, dalam arti Kualitas pelayanan merupakan bentuk penilaian nasabah terhadap tingkat pelayanan, tingkap pelayanan dipersepsikan dengan tingkat pelayanan yang di harapkan nasabah, dan faktor faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan antara lain faktor karyawan, sistem, teknologi, dan keterlibatan nasabah. Kepuasan nasabah PT. BPR Sinar Mas Pelita Cabang Cipeundeuy cukup baik, salah satu tujuan utama perusahaan jasa dalam hal ini adalah bank menciptakan kepuasan nasabah, kepuasan nasabah sebagai hasil penilaian nasabah terhadap apa yang diharapkannya dengan membeli dan mrngkonsumsi suatu produk/jasa,kemudian harapan tersebut dibandingkan dengan kinerja yang diterimanya dengan mengonsumsi produk/jasa tersebut. hasil perhitungan dapat diketahui bahwa koefesien determinasi (R Square) yaitu sebesar 0,977 x 100% = 97,7%, dimana nilai determinasi ini artinya bahwa Kepuasan Nasabah dipengaruhi oleh Kualitas Pelayanan sebesar  97,7% dan sisanya sebesar 2,3% dipengaruhi oleh  faktor  lain  diluar penelitian ini seperti motivasi dan kinerja yang tidak  dibahas  dalam penelitian ini. 

Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan nasabah

 

Abstract

The purpose of the researchers conducting this study was to determine the effect of service quality on customer satisfaction at PT BPR Sinar Mas Pelita, Cipeundeuy Branch. The method chosen in this study. The author uses quantitative methods with survey research which is explanatory research, namely the explanatory research method that highlights the relationship between the research variables and tests the previously formulated hypotheses. Data collection techniques used include conducting literature studies, field studies consisting of observations, interviews and through questionnaires distributed to 85 respondents using the Non Probability Sampling technique. This type of sample was not chosen randomly. The service quality of PT BPR Sinar Mas Pelita, Cipeundeuy Branch is running well, in the sense that service quality is a form of customer assessment of the level of service, the perceived service level is the level of service expected by the customer, and factors that affect service quality include employee factors, systems, technology , and customer involvement. Customer satisfaction at PT BPR Sinar Mas Pelita, Cipeundeuy Branch is quite good, one of the main goals of service companies in this case is that the bank is creating customer satisfaction, customer satisfaction as a result of customer assessment of what he expects by buying and consuming a product / service, then these expectations. compared to the performance it receives by consuming the product / service The results of the above calculations, it can be seen that the coefficient of determination (R Square) is 0.977 x 100% = 97.7%, where the value of this determination means that Customer Satisfaction is influenced by Service Quality by 97.7% and the remaining 2.3% influenced by other factors outside this study such as motivation and performance which are not discussed in this study 

Keywords: service quality, customer satisfaction

 

References

Agus Dedi Subagja, H. H. (2019, Agustus). Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BJB Cabang Subang. International Journal of Demos, 1(2).

Al Rasyid, Harun, 1994, Statistika Sosial, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Ali Mufiz, 2004, Materi Pokok Pengantar Administrasi Negara, Jakarta:Karunika,

Alma Buchari, 1998, Pengantar Bisnis, Alfabeta, Bandung.

, 2011, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, (Bandung: Alfabeta,

Band, Oliver, 2001, Membangun Kepuasan Pelanggan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Buchari, Alma, 2000, Pengantar Bisnis, Bandung : Alfabeta

Djaslim, Saladin Dan Yevis Maty Oesman. 2003. Intisari Pemasaran Dan UnsurUnsur Pemasaran, Cetakan Kedua, CV. Linda Karya. Bandung.

Dutka, Alan. 2008. AMA Hand Book for Konsumen dan Pesaing. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Gaspersz, Vincent. 2002. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Gramedia : Jakarta.

Giese & Cote. 2000. Academy of Marketing Science Review. Defining ConsumerSatisfaction. Vol 2000 No. 1 Available.

Handayaningrat, Soewarno. 2004. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan.

Manajemen. Jakarta: Haji Masagung

Hughes, & Kapoor. 2012. Business In Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Juliansyah Noor. 2016. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertai & Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Kandampully, Jay and Dwi Suhartanto, 2009, Customer Loyalty in The Hotel. Industry: the Role of Customer Satisfaction and Image, International Journal.

Kirom Bahrul, 2012, Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen, Pustaka Reka Cipta, Bandung.

Kotler Philip 2005, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo

Kotler Philip Dan Gary Amstong, 2002, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi ke 12. Alih Bahasa Benyamin Molan.Jakarta: PT. Macaman Jaya Cemerlang

Kotler Philip, 2000, Principles Of Marketing, Printice/Hall Internasional, Inc.

London. terjemahan Benjamin Molan

Kotler Philip. 2007, Manajemen Pemasaran. Edisi Duabelas. Jakarta: PT Indeks Lai, F., Griffin, M., dan Babin, B., 2009. How Quality, Value, Image, and.

Satisfaction Create Loyalty at a Chinese Telecom. Journal of Business

Laksamana Fajar , 2008, Manajemen Pemasaran , Graha Ilmu. Yogyakarta Lovelock, Christopher. 2002. Product Plus. New York: McGraw-Hill Inc Lukman, Sampara, 2009. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA-LAN

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat

M. Nazir. 2003. Metodologi Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Martin, William B diterjemahkan oleh Budiyanto, F.X, 1998, Pelayanan Pelanggan yang Bermutu, Ed.Rev, Cet.1, Binarupa Aksara Jakarta

Miftah, Thoha,. 2008. Perspektif Perilaku Birokrasi. Jakarta: Rajawali Press Moenir H.A.S, 2010, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia . Bumi

Aksara, Jakarta.

Mowen, John C. Michael Minor, 2002. Perilaku Konsumen, Jilid 1, Edisi Kelima.

Penerbit: Erlangga: Jakarta.

Nasution Nur, 2005, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) Ghalia Indonesia. Bogor

Oka, A, Yoeti, 2003, Customer Service Cara Efektif Memuaskan Pelanggan, Jakarta, PT Pradnya Paramita

Poerwanto. 2006. New Business Administration: Paradigma Baru Pengelolaan.

Bisnis di Era Dunia Tanpa Batas. Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Richard Oliver, 1997, Great Answer to Tough the Marketing Question, PT. Prenhalindo, Jakarta

Siagian, Sondang P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Sinambela, Poltak, Lijan, Dr, M.M, M.Pd dkk, 2008, Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan dan Implementasi PT Bumi Aksara, Jakarta

Sugiyono 2012, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, cv, Bandung

Sugiyono 2007, Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono 2011. Statistik Untuk Metode Penelitian Bisnis, Edisi 10, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2007, Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2006. Metode Riset Bisnis. ANDI, Yogyakarta

Supranto.J, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar, PT RINEKA CIPTA, Jakarta.

Thoha. Miftah, 2004. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tjiptono F & Diana, Anastasi 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono F Dan Candra Gregirius, 2007, Service, Quality & Satisfaktion, Cv. Andi Offset, Yogyakarta

Tjiptono F dan Gregorius Candra .2002. Service, Quality, and Satisfaction Andi Offset: Yogyakarta.

Tjiptono F. 2010. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi

Umar, Husein 2005. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia. Pustaka Utama.

Wilkie, William L. 2004. Consumer Behavior (third edition).

Yamit, Zulian,2005, .Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Pertama, Penerbit EkonisiaKampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles