Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Wisata Pemandian Air Panas Ciater Spa Resort
DOI:
https://doi.org/10.37950/wbaj.v1i1.744Keywords:
Kualitas Jasa, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explantory dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan pelanggan wisata pemandian air panas Ciater SPA Resort Subang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan Metode Partial Least Score (PLS). Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Jasa berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan baik secara simultan dan parsial. Dilihat dari hasil koefisien jalur atau factor loading dari variabel laten kualitas jasa terhadap variabel laten kepuasan pelanggan pada wisata pemandian air panas Ciater SPA Resort sebesar 0.632 dengan nilai t-hitung sebesar 13.123.
The aim off this study is to examine the effect of product quality and service qualitty to customer statisfaction. The type of research is explanatory with quantitative approach. The number of sample in this study amounted to 100 respondents who are customer of hot spring tour Ciater SPA Resort Subang. Sampling technique used in this research is insidental sampling technique. Analysis of the data used is Structural Equation Modeling (SEM) with the method Partial Least Score (PLS). The data collection was done by distributing questionnaries that have been tested for validity and reliability. Based on the results show that Service Quality significantly infuence Costomer Satisfaction both simultaneously and partially. Seen from the results of the path coefficient or factor loading from the service quality variable to the costumer statisfaction latent variable on the hot spring Ciater SPA Resort Subang amounting to 0.632 with a t-count value of 13.123.
References
Fandy Tjiptono, (2014), Pemasaran Jasa, Yogyakarta : Penerbit ANDI
Fandy Tjiptono & Gregorius Chandra, (2011), Service, Quality & Statisfaction, edisi 3. Yogyakarta: Penerbit ANDI
Ghazali Imam 2014. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Squarea (PLS). Universitas Diponogoro:Semarang
Malayu S.P Hasibuan, (2011), Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah, Bumi Aksara, Jakarta
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, (2009), Manajemen Pemasaran jilid I, edisi ketiga belas, Jakarta : Erlangga
Sugiyono, (2014), Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung
Sugiyono, (2012), Statistik Untuk Metode Penelitian Bisnis, Edisi 10. CV. Alfabeta, Bandung
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka. Cipta.