Implementasi Kebijakan Pembinaan UMKM di Kabupaten Subang

Authors

  • Iwan Henri Kusnadi
  • Luki Natika FIA Universitas Subang
  • Dyera Octa Alsonia FIA Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wbaj.v2i2.937

Keywords:

Implementasi Kebijakan

Abstract

Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Dalam Pembinaan UMKM Pada Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Subang. Penelitian dan penulisan ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan Impelementasi Kebijakan dalam Pembinaan UMKM Pada Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian dengan teori Merilee S. Grindle yaitu Isi kebijakan terdiri dari Kepentingan kelompok sasaran, Tipe Manfaat, Derajat Perubahan yang diinginkan, Letak pengambilan keputusan, pelaksanaan program, sumberdaya yang dilibatkan. Lingkungan Impelementasi terdiri dari Kekuasaan, kepentinganm dan strategi aktor yang terlibat, karakteristik Lembaga dan penguasaan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui pengamatan dan observasi, wawancara, studi keperpustakaan dan dokumentasi, sumber data diperoleh dari informan melalui pengamatan dan wawancara secara langsung dan dokumen diperoleh dalam bentuk hasil wawancara dan pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Impelementasi kebijakan Dalam Pembinaan UMKM Pada Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten subang sudah efektif pada Tipe manfaat, Derajat perubahan yang diinginkan, Letak pengambilan keputusan, Pelaksanaan program, Sumberdaya yang dilibatkan, Karakteristik Lembaga dan penguasan, kepatuhan dan daya tangkap, sedangkan pada kepentingan kelompok sasaran, kekuasaan, kepentingan, dan strategi aktor yang terlibat, belum efektif.

 

The purpose of the authors of this research is to determine the implementation of policies in the development of UMKM at the Cooperatives, UMKM, Trade, and Industry Office of Subang Regency. This research and writing discusses matters related to the implementation of policies in the development of UMKM at the Cooperatives, UMKM, Trade and Industry offices with the Merilee S. decision making, program implementation, the resources involved. The implementation environment consists of the power, interests and strategies of the actors involved, the characteristics of the institution and the power. In this study, using a qualitative approach through observation and observation, interviews, library research and documentation, data sources were obtained from informants through direct observation and interviews and documents were obtained in the form of interviews and data processing. The results showed that the implementation of policies in the development of UMKM at the Office of Cooperatives, UMKM, Trade, and Industry of Subang Regency was effective on the type of benefit, the degree of change desired, the location of decision making, program implementation, the resources involved, the characteristics of the institution and the mastery, compliance and capturing power, while in the interests of the target group, the power, interests and strategies of the actors involved, it is not yet effective.

References

Bagong suyanto, 2005. Metode Penelitian social berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta : Prenada Media

Mathis. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi pertama, Cetakan pertama. Yogjakarta : Salemba Empat

Nugroho Riant, 2004, Kebijakan public Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Gramedia Jakarta

Straus dan Corbin, 2003, Dasar - Dasar Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiono, 2009, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabet

Solichin Abdul Wahab. 2010. Analisis kebijaksanaan Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Jakarta : PT Bumi Aksara

Subarsono, AG, 2010, Analisis Kebijakan Publik, Konsep, Teori dan Aplikasi, Yogyakarta, Pustaka Pelajar sudarsono, 2003, Beberapa Pendekatan Dalam penelitian Kualitatif, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Tjiptono, Fandy. 2000, Service Quality & Satisfaction, Jakarta: Erlangga.

Thoha, 1998. Perspektif Perilaku Birokrasi, Jakarta: Rajawali Press

Zeithaml, Valerie A. and Mary Jo Bitner. 2006. Service Marketing Integrated, Cutomer focus

Zulian, Yamit. 2005, Manajemen Produksi dan Operasi Edisi Pertama, Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-12-06

Issue

Section

Articles