Pengujian Balistik Peluru Senapan Angin Lokal dan Peluru Senapan Angin Impor Kaliber. 177/4,5 mm

Authors

  • Deny Poniman Kosasih
  • Juheri Juheri Fakultas Teknik
  • Ade Zaenudin Fakultas Teknik

Keywords:

Balistik, Kaliber

Abstract

Pengujian jenis ini mempelajari tentang karakteristik material pada Peluru Senapan Angin (PSA). Material target yang digunakan yaitu plat baja dengan tebal 0,8 mm mempunyai nilai kekasaran 385,36 VHN, serta peluru yang di uji menggunakan 2 jenis peluru yaitu peluru lokal dan impor.

Senapan angin adalah senjata yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakan peluru dengan menggunakan tenaga udara atau sejnis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan anginĀ  biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung, kelinci, babi hutan dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber. 177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bias membunuh orang kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalah gunakan.

Pada laporan ini disajikan penelitian yang bertujuan mengetahui kekuatan material Peluru Senapan Angin lokal dan impor. Pengujian yang dilakukan yaitu dengan cara di tembakan ke sasaran yaitu plat baja ukuran sedang, dengan jarak 6 meter dan peluru yang digunakan yaitu peluru lokal JAWARA GR12 dan peluru impor EXACT MONSTER DIABOLO.

Downloads

Published

21-10-2017

How to Cite

Kosasih, D. P., Juheri, J., & Zaenudin, A. (2017). Pengujian Balistik Peluru Senapan Angin Lokal dan Peluru Senapan Angin Impor Kaliber. 177/4,5 mm. MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Arsitektur), 2(1), 8. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FTK/article/view/118

Most read articles by the same author(s)