Analisis Material Isolator Busi Panas Dengan Busi Dingin Menggunakan Perangkat Lunak Match Powder Diffraction

Authors

  • Deny Poniman Kosasih

Keywords:

isolator, busi, sinar X

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi struktur kristal serbuk material isolator busi komersial (busi panas dengan merk NGK tipe BP7HS dan busi dingin dengan merk NGK Iridium Power) dengan cara ditembak menggunakan sinar-X X-Ray Diffraction) dan dianalisa menggunakan perangkat lunak Match Powder Diffraction, tujuannya untuk mengetahui struktur kristal material yang paling tinggi intensitas cahayanya dari serbuk isolator busi tersebut .Dalam penelitian ini terdapat fasa kristalin dan fasa Amorphous. Fasa kristalin yaitu fasa yang memiliki kandungan kristal murni yang tinggi yang dapat memantulkan sinar-X, sedangkan fasa Amorphous yaitu fasa yang tidak memiliki kandungan kristal yang tinggi, sehingga ketika ditumbuk sinar-X tidak akan memantulkan sinar-X.
Difraksi sinar-X merupakan suatu teknik karakterisasi yang dapat digunakan untuk identifikasi fasa kristalin yang tidak diketahui dari suatu material. Sinar-X dihasilkan akibat tumbukan antara elektron dengan material target. Saat sinar-X monokhromatik menumbuk sampel kristalin, maka akan berlaku hukum Bragg. Pada sampel akan terjadi difraksi sinar-X, dimana berkas-berkas sinar-X yang datang akan dibelokkan lalu berinterferensi maksimum sehingga diperoleh peak pada sudut dengan nilai 2θ tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian yang pertama kali dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Subang.

Downloads

Published

21-12-2018

How to Cite

Kosasih, D. P. (2018). Analisis Material Isolator Busi Panas Dengan Busi Dingin Menggunakan Perangkat Lunak Match Powder Diffraction. MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur), 2(2), 18–32. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FTK/article/view/365

Most read articles by the same author(s)