Pengaruh Penggunaan Knalpot Modifikasi Terhadap Suhu dan Kebisingan Suara Pada Sepeda Motor
Keywords:
knalpot , temperatur, sepeda motor , standar , modifikasi, bisingAbstract
Suhu dan kebisingan pada motor Honda Beat tahun 2011 sangat berpengaruh pada lingkungan, knalpot modifikasi danknalpot standart pada motor Honda beat tahun 2011 di uji dengan pengujian suhu menggunakan Thermometer Gun dan pengujian tingkat kebisingan dengan alat Sound Lever Meter (SLM dengan Standar Internaisonal EC 61672:2003. Dari hasil pengujian yang dilakukan tiga kali pengujian dan 3 rpm yang bebeda pengujian rata – rata suhu gas buang klanpot standar , rpm 1500 = 80.6 ? c , 2000 rpm = 82.7 ? c , 3000 rpm = 84.2 ?c pengujian rata rata tingkat kebisingan adalah , rpm 1500 = 59.0 dB , 2000 rpm = 61,9 dB , 3000 rpm = 71,6 dB , sedangkan rata – rata suhu gas buang knalpot modifikasi adalah pengujian rata – rata suhu gas buang klanpot modifikasi rpm 1500 = 57.4 ? c , 2000 rpm = 64.1 ? c , 3000 rpm = 75.5 ?c pengujian rata rata tingkat kebisingan adalah , rpm 1500 = 71,7 dB , 2000 rpm = 79.0 dB , 3000 rpm = 82.6 dB dari hasil analisis bahwa knalpot modifikasi suhu gas buang lebih dingin dari knalpot standar , tinkat kebisingan lebih bising dari knalpot knalpot standar tapi tidak melebihi ambang batas maksimal yang diizinkan. Kesimpulannya knalpot modifikasi layak di gunakan pada motor Honda beat 2011