Pengaruh Penggunaan Knalpot Modifikasi Terhadap Suhu dan Kebisingan Suara Pada Sepeda Motor

Authors

Keywords:

knalpot , temperatur, sepeda motor , standar , modifikasi, bising

Abstract

Suhu dan kebisingan pada motor Honda Beat tahun 2011 sangat  berpengaruh pada lingkungan, knalpot modifikasi danknalpot  standart pada  motor Honda beat tahun 2011 di uji dengan pengujian suhu menggunakan Thermometer Gun dan pengujian tingkat kebisingan dengan alat Sound Lever Meter (SLM  dengan Standar Internaisonal EC 61672:2003. Dari hasil pengujian yang dilakukan tiga kali pengujian dan 3 rpm yang bebeda pengujian rata – rata suhu gas buang klanpot standar  , rpm 1500 = 80.6 ? c , 2000 rpm = 82.7 ? c , 3000 rpm = 84.2 ?c pengujian rata rata tingkat kebisingan adalah  , rpm 1500 = 59.0 dB , 2000 rpm = 61,9 dB , 3000 rpm = 71,6 dB , sedangkan rata – rata suhu gas buang  knalpot modifikasi adalah pengujian rata – rata suhu gas buang klanpot modifikasi  rpm 1500 = 57.4 ? c , 2000 rpm = 64.1 ? c , 3000 rpm = 75.5 ?c pengujian rata rata tingkat kebisingan adalah  , rpm 1500 = 71,7 dB , 2000 rpm = 79.0 dB , 3000 rpm = 82.6 dB dari hasil  analisis bahwa knalpot modifikasi suhu gas buang lebih dingin dari knalpot standar , tinkat kebisingan lebih bising dari knalpot knalpot standar tapi tidak melebihi ambang batas maksimal yang diizinkan. Kesimpulannya knalpot modifikasi layak di gunakan pada motor Honda beat 2011

Downloads

Published

06-10-2020

How to Cite

Kosasih, D. P., & Rachman, M. . (2020). Pengaruh Penggunaan Knalpot Modifikasi Terhadap Suhu dan Kebisingan Suara Pada Sepeda Motor. MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur), 3(2), 44–48. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FTK/article/view/824

Most read articles by the same author(s)