Ekivalen Mobil Penumpang Kendaraan Berat Dan Motor Belok Kanan Pada Simpang Bersinyal

Authors

  • Adi Subandi Fakultas Teknik Universitas Subang
  • M Gugun Gunawan

Keywords:

belok kanan terlindung, arus jenuh, ekivalensi mobil penumpang (EMP), kendaraan ringan (LV), kendaraan berat (HV), sepeda motor (MC)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui nilai arus jenuh pada masing-masing lengan terpilih pada simpang-studi. Kemudian menganalisa data untuk mendapatkan nilai ekivalensi mobil penumpang (EMP) untuk masing-masing jenis kendaraan. Kendaraan ringan (LV), kendaraan berat (HV) dan sepeda motor (MC).

 

Data-data yang dibutuhkan diperoleh dari pengamatan langsung melalui survey lapangan selama beberapa waktu di 2 (dua) waktu sibuk, yaitu jam pagi saat waktu berangkat bekerja dan jam sore dimana waktunya pulang dari tempat kerja masing-masing.

 

Simpang-simpang bersinyal yang menjadi lokasi studi adalah simpang beersinyal Terusan Kiara Condong dimana terdapat tiga lengan terpilih, simpang bersinyal Buah Batu yang terdapat tiga pula lengan terpilih, simpang bersinyal Batu Nunggal atau lebih dikenal dengan simpang Tegalega yang juga memiliki tiga simpang terpilih dan simpang bersinyal M. Toha yang memiliki satu lengan terpilih. Lengan-lengan terpilih tersebut berdasarkan pada banyak tidaknya kendaraan berat dan sepeda motor yang melakukan aktivitas pergerakan belik kanan yang terlindung. Sehingga diluar dari dasar acuan tersebut maka lengan-lengan tersebut tidak dapat dipakai sebagai lokasi studi.

Downloads

Published

20-05-2014

How to Cite

Subandi, A., & Gunawan, M. G. (2014). Ekivalen Mobil Penumpang Kendaraan Berat Dan Motor Belok Kanan Pada Simpang Bersinyal. MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Arsitektur), 1(1), 1–8. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FTK/article/view/115

Most read articles by the same author(s)