Analisis Pengaruh Halte Atau Titik Lokasi Naik Turun Penumpang Terhadap Fungsi Dari Terminal Subang

Authors

  • Adi Subandi Fakultas Teknik Universitas Subang

Keywords:

Penumpang Terminal, Halte, Jarak

Abstract

Terminal merupakan titik dimana penumpang dan barang masuk atau keluar dari sistem jaringan transportasi. Ditinjau dari sistem jaringan transportasi secara keseluruhan, terminal merupakan simpul utama dalam jaringan dimana sekumpulan lintasan rute secara keseluruhan bertemu. Pada studi kasus ini, setelah melakukan pengamatan khususnya Terminal Subang banyak sekali halte atau titik lokasi naik turun penumpang baik dari titik arah barat dan selatan yang beroperasional di Terminal Subang yang dapat mempengaruhi jumlah penumpang tersebut, dilihat dimulai segi fasilitas, manajemen dan kenyamanan dari penumpang angkutan umum.
Hasil pengamatan diperoleh untuk analisis arah selatan trayek Subang-Jakarta dengan menggunakan angkutan umum Bus, titik lokasi naik turun penumpang di Halte SMKN 1 Subang sangat berpengaruh dilihat dari jumlah penumpang yang ada di Terminal Subang. Untuk nilai jumlah penumpang pada hari senin dari Terminal Subang ada 260 penumpang dengan nilai persentase 35,91 %, untuk jumlah penumpang dari Halte SMKN 1 ada 284 penumpang dengan nilai persentase 39,23 % .dan untuk hari selasa nilai jumlah penumpang Terninal Subang ada 237 penumpang dengan nilai persentase 40,51 %, dan nilai jumlah pada halte SMKN 1 257 penumpang dengan nilai persentase 43,93 %. Sedangkan yang terakhir pada hari Kamis nilai jumlah 235 penumpang dengan nilai persentase 38,27 %. dan untuk nilai jumlah penumpang Halte SMKN 1 ada 268 dengan nilai persentase 43,65 %.
Sementara hasil pengamatan diperoleh untuk analisis arah Selatan trayek Subang-Bandung dengan menggunakan angkutan umum Elf, titik lokasi naik turun penumpang di simpang bersinyal Wisma Karya Subang yang.berdekatan dengan pos polisi sangat berpengaruh dilihat dari jumlah penumpang yang ada di Terminal Subang. Untuk nilai jumlah penumpang pada hari senin dari Terminal Subang ada 246 penumpang dengan nilai persentase 49,50 %, untuk jumlah penumpang dari luar Terminal di Simpang bersinyal Wisma Karya ada 251 penumpang dengan nilai persentase 50,50 % .dan untuk hari selasa nilai jumlah penumpang Terninal Subang ada 244 penumpang dengan nilai persentase 53,74 %, dan nilai jumlah penumpang di simpang bersinyal Wisma Karya ada 244 penumpang dengan nilai persentase 53,74 %. %. Sedangkan untuk diluar Terminal di Simpang bersinyal Wisma Karya jumlah 210 penumpang dengan nilai persentase 46,26%. Yang terakhir hari kamis di dalam Terminal Subang yaitu 234 penumpang dengan nilai persentase 49,74 %. untuk diluar Terminal Simpang bersinyal Wisma Karya ada 236 penumpang dengan nilai persentase 50,21%.
Dari kedua studi kasus diatas terlihat bahwa pengaruh halte dengan jarak terlalu dekat dengan terminal akan mempengaruhi operasional terminal itu sendiri.

Downloads

Published

27-12-2018

How to Cite

Subandi, A. (2018). Analisis Pengaruh Halte Atau Titik Lokasi Naik Turun Penumpang Terhadap Fungsi Dari Terminal Subang. MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Arsitektur), 3(1), 32–40. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FTK/article/view/378

Most read articles by the same author(s)