PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT RESERVASI VILLA DI PT. BERUANG MAS PERKASA CIATER

Authors

  • Taharruddin Taharruddin FISIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Iwan Henri Kusnadi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang
  • Yayu Alawiyah Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wbaj.v4i1.1506

Keywords:

Marketing Strategy, Buying Interest

Abstract

Abstrak

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana strategi pemasaran di PT. Beruang Mas Perkasa Ciater. (2) Untuk mengetahui minat reservasi villa di PT. Beruang Mas Perkasa Ciater (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap minat reservasi di PT. Beruang Mas Perkasa Ciater. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif dengan jumlah sampel 100 orang dengan tingkat kesalahan 5% dan menggunakan program aplikasi SPSS 20, untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan dilakukan observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian yaitu: (1) Pada variabel strategi pemasaran Produk (Product), Harga (Price), Tempat/Distribusi (Place), Promosi (Promotion), Orang (People), Sarana Fisik (Physical Evidence) dan Proses (process) berdasarkan jawaban dari responden memiliki pengaruh karena dengan bauran pemasaran mampu memberikan dampak yang baik bagi minat reservasi villa di PT. Beruang Mas Perkasa Ciater. (2) Pada variabel minat beli, berdasarkan jawaban responden atas instrumen penelitian dengan adanya minat beli terhadap villa di PT. Beruang Mas Perkasa Ciater terhadap minat reservasi villa. Apabila dalam hal tersebut memperhatikan strategi pemasaran dengan baik minat reservasi akan terus meningkat dan dapat menguntungkan PT. Beruang Mas Perkasa Ciater. (3) Berdasarkan hasil perhitungan koefesien determinasi menunjukan bahwa variabel strategi pemasaran mempengaruhi variabel minat beli 36% dan sisanya sebesar 66% yang diperkirakan dipengaruhi oleh faktor lainnya. Faktor yang tidak diteliti lebih lanjut oleh peneliti dapat diteliti oleh peneliti lain sebagai acuan untuk diteliti dan dikembangkan lagi.

 

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Minat Beli

 

 

Abstract

The purpose of writing this aims to find out: (1) How is the marketing strategy at PT. Beruang Mas Perkasa Ciater (2) How is the reservation interest at PT. Beruang Mas Perkasa Ciater (3) To find out the effect of marketing strategy on interest in villa reservations at PT. Beruang Mas Perkasa Ciater. The data collection technique used in this study was a literature study, field study conducted by observation, interviews and questionnaires. The results of the study are: (1) In the variables of the marketing strategy (Product), Price (Price), Place/Distribution (Place), Promotion (Promotion) ,People (People), Physical Evidence (Physical Evidence) and Process (process) based on the answers from respondents have an influence because the marketing mix is able to have a significant impact. good for interested in booking villas at PT. Beruang Mas Perkasa Ciater. (2) On the buying interest, based on respondents' answers to research instruments, there is an interest in buying a villa at PT. Beruang Mas Perkasa Ciater against villa reservation interesrt. If in this case pay attention to the marketing strategy properly, the sales volume will continue to increase and can benefit PT. Beruang Mas Perkasa Ciater. (3) Based on the results of the calculation of the coefficient of determination, it shows that the marketing strategy variable affects the buying interest variable by 36% and the remaining 64% which is estimated to be influencedby other factors. Factors that are not investigated further by researchers can be studied by other researchers as a reference for further research and development.

 

Keywords : Marketing Strategy, Buying Interest

 

References

Amstrong, Philip Kotler dan Gary. 2003. Manajemen Pemasaran. 9th ed. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Amstrong, Philip Kotler Gary. 2012. Principle of Marketing. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Anggraini. (2009). Pelayanan Reservasi Sistem online Tiket Pesawat Domestik, 27

Assauri, Sofjan. 2011. Strategic Management, Sustainable Competitive Advantage.

Indonesia, Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers. Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: Satu Nusa.

Daryono. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya.

Gusti Bagus Darma Harikusmawan, Kastawan Mandala, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, and Universitas Udayana, ‘FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN MENGINAP DIVILLA AKASHA BEACH ESTATE KEROBOKAN BADUNG‘, 2020

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia Dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu S. .. 2011. MANAJEMEN: Dasar, Pengertian Dan Masalah. Jakarta: PT Aksara.

I Gst Ayu Oka Suryawardani, Fakultas Pariwisata, and Universitas Udayana, ‘PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP CITRA DAN KEPUTUSAN MENGINAP WISATAWAN’,2020

Keller, Philip Kotler dan Kevin Lane. 2015. Manajemen Pemasaran. 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2000. Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta: Prenhalindo. Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali.

Philip Kotler, Gary Amstrong. 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler, Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Priansa, D. J. (2017). Prilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: C.V Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles